Breaking News

Survei Starpoll Ungkap Alasan Elektabilitas AMIN Naik: Publik Inginkan Perubahan

 JAKARTA. Dalam hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Starpoll, terungkap bahwa potensi kemenangan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada pilpres dua putaran semakin nyata.

Data itu memberikan gambaran tentang respons dan harapan masyarakat terhadap AMIN yang juga tercermin di media sosial. Hasil survei ini juga menegaskan adanya perubahan dalam alasan memilih Presiden dan Wakil Presiden pada Pilpres 2024.

Dr. Robi Nurhadi, seorang akademisi senior dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta, pada Kamis, 4 Januari 2023, mengungkapkan bahwa survei ini mengkonfirmasi harapan para pendukung AMIN.

Menurutnya, potensi kemenangan AMIN didukung oleh temuan menarik mengenai lima alasan utama pemilih dalam Pilpres 2024. Alasan tersebut meliputi figur merakyat (17,9%), figur tegas berwibawa (17,6%), visi yang bagus (15,1%), kekuatan agama (11,7%), dan kinerja yang bagus (9,1%).

"Temuan ini memengaruhi pemilih Ganjar-Mahfud yang diasumsikan kalah pada putaran pertama, suaranya beralih ke AMIN. Juga, terdapat suara-suara pemilih yang masih belum menentukan pilihan, mencapai sekitar 12 persen," ujar Robi.

Dengan meningkatnya kualitas alasan pemilih, Robi menyatakan bahwa potensi kemenangan AMIN di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meningkat, yang menurut survei masih imbang antara AMIN dan Prabowo-Gibran pada angka 35%.

Sementara itu, pemilih di Jawa Barat, yang dikenal dengan keberagamaannya, juga berpotensi mengubah dukungan untuk kemenangan AMIN. Starpoll merekam 45,5% dukungan untuk Prabowo-Gibran, 35,6% untuk AMIN, dan 9,5% untuk Ganjar-Mahpud, sementara sekitar 10% belum menentukan pilihannya.

"Dengan adanya perubahan alasan pemilih, selisih 9,9% antara AMIN dan Prabowo-Gibran bisa berubah menjadi kemenangan AMIN pada putaran kedua, berasal dari pemilih yang belum menentukan pilihannya dan sebagian besar pemilih Ganjar-Mahfud," tambah Robi.

Hasil survei Starpoll di enam provinsi di Pulau Jawa menunjukkan tingkat elektabilitas Calon Presiden Anies Baswedan dan Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar (AMIN) sebesar 32,6%, sedangkan Prabowo-Gibran memiliki 37,9%, diikuti oleh Ganjar-Mahfud dengan 18,6%. Sementara 10,9% tidak memberikan jawaban.

Dalam simulasi head to head antara AMIN dan Prabowo-Gibran, responden yang memilih AMIN mencapai 47,4%, sementara yang memilih Prabowo-Gibran sebesar 40,6%, dan 12,1% tidak memberikan jawaban.

Dalam pertarungan AMIN dengan Ganjar-Mahfud, responden yang memilih Anies-Muhaimin mencapai 57,4%, sementara yang memilih Ganjar-Mahfud sebesar 40,6%, dengan 13,6% yang tidak memberikan jawaban. 

Sumber: HARIAN DISWAY

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close