Breaking News

Anies Baswedan: Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi Harus Ciptakan Lapangan Kerja

 PADANG. Pemerintah sering kali menggebor-gemborkan investasi yang tinggi dan pertumbuhan ekonomi di atas 7%. Namun, faktanya, tetap banyak warga yang menganggur.

Hal itu dirasa ironis oleh Anies Baswedan. Menurutnya, investasi maupun pertumbuhan ekonomi yang tinggi harus mampu menciptakan lapangan kerja yang sebanding. Jangan sampai hanya kalangan tertentu yang menikmati hal tersebut.

Hal itu dikatakan Anies Baswedan saat menghadiri event Desak Anies di Lapangan Cindua Mato, Padang, Sumatera Barat, pada Rabu, 3 Januari 2023.

Capres nomor urut 1 itu mengungkapkan, memang untuk menjadi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh industri, kita wajib membekali diri. Yakni dengan pendidikan.

Pendidikan untuk mempertajam kecerdasan, memperkuat kemauan, serta memperhalus perasaan. Seperti yang dikatakan Tan Malaka.

"Kita semua ingat kalimat itu. Kita harus ingat bahwa pendidikan bukan sekadar persiapan kerja," kata Anies "Pendidikan bukan untuk menciptakan penjaja-penjaja ilmu pengetahuan yang akan memberi ilmunya kepada orang-orang yang akan membayar dengan harga termahal," lanjut mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Pendidikan, kata Anies, adalah kesempatan setiap orang untuk mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya. Untuk menjadi manusia yang berakhlak.

"Manusia yang punya kompetensi. Manusia yang punya skill, manusia yang memberi manfaat bagi dirinya dan lingkungannya. Itulah fungsi pendidikan. Pendidikan itu membekali sesuai dengan potensinya," paparnya.

Masalahnya, saat ini bukan hanya anak muda dan fresh graduate saja yang sulit mendapat pekerjaan. Angkatan yang sudah lulus jauh sebelumnya juga sulit mendapatkan pekerjaan. Karena memang lapangan pekerjaannya kurang banyak.

"Jumlah yang lulus dengan lapangan pekerjaannya tidak seimbang. Kita ingin kebijakan pertumbuhan ekonomi, yang menciptakan pemerataan dan keberlanjutan. Istilahnya pertumbuhan yang berkualitas," ucap Anies.

Bila harus memilih pertumbuhan ekonomi yang tinggi tanpa pemerataan atau pertumbuhan ekonomi yang menengah dengan pemerataan, kata Anies, maka pertumbuhan ekonomi menengah dengan pemerataan jauh lebih baik. 

"Pemerataan itu artinya juga kesempatan kerja. Investasi kita melompat tinggi, tapi penyerapan lapangan kerjanya tidak naik, karena investasinya padat modal," jelas Anies.

Sumber: harian.disway.id

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close