Breaking News

Inilah Silsilah Keluarga dan Profil Anies Baswedan Calon Presiden 2024

Jakarta-Siapa pun pasti mengenal Anies Baswedan . Dia adalah Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Anies juga dikenal sebagai tokoh intelektual dan akademisi Indonesia. Anies lahir di Kuningan, Jawa Barat, 7 Mei 1969. Ayahnya bernama Rasyid Baswedan yang merupakan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Ibunya bernama Aliyah Rasyid merupakan Guru Besar Fakultas Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Aliyah Rasyid lahir di Cipicung, Kuningan, Jawa Barat, 20 Maret 1940. 

Aliyah Rasyid pernah menjabat Ketua Umum DPP Wanita Islam di Yogyakarta selama tiga periode. Kemudian, aktif memimpin penyaluran beasiswa untuk siswa dan mahasiswa berasal dari keluarga prasejahtera selama 3 dekade. 

Anies adalah anak sulung dan mempunyai dua adik yaitu Ridwan Baswedan dan Abdilah Baswedan. 

Sebelum terjun di dunia politik, Anies merupakan akademisi dan peneliti yang sangat aktif. Dia pernah bekerja di Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi Universitas Gadjah Mada. Anies juga meraih beasiswa Fulbright dari Yayasan Pertukaran Pelajar Indonesia- Amerika atau American Indonesian Exchange Foundation

Anies mendapatkan beasiswa itu untuk melanjutkan kuliah masternya pada bidang keamanan internasional dan kebijakan ekonomi School of Public Affairs di Universitas Maryland tahun 1997. 

Setelah lulus, dia mendapatkan beasiswa dalam bidang ilmu politik di Northern Illionois University tahun 1999.

 Anies pernah mendapat amanah sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia menjabat Mendikbud periode 2014-2016.

Kakeknya Anies yang bernama Abdurrahman Baswedan merupakan seorang pahlawan nasional dan dikenal juga sebagai seorang jurnalis, nasionalis, diplomat, pejuang kemerdekaan, serta sastrawan Indonesia.

Abdurrahman Baswedan juga menjadi salah satu anggota dari Badan Penyelidik Usaha dan Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI serta turut aktif menyusun UUD 1945.

 Abdurrahman Baswedan lahir pada 9 September 1908 dan meninggal dunia pada 16 Maret 1986. Atas jasanya, pada November 2018 Abdurrahman ditetapkan sebagai salah satu Pahlawan Nasional oleh Presiden Jokowi. 

Selain itu, Anies juga dikenal sepupu Novel Baswedan yang merupakan mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sumber: SINDOnews



0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close